Pages

BELAJAR DARI DAUD : MENYENANGKAN TUHAN DAN BANGKIT KEMBALI JIKA GAGAL !

Bacaan Alkitab : Mazmur 37 : 21-26
"Orang fasik meminjam dan tidak membayar kembali, tetapi orang benar adalah pengasih dan pemurah.
Sesungguhnya, orang-orang yang diberkati-Nya akan mewarisi negeri, tetapi orang-orang yang dikutuki-Nya akan dilenyapkan. 
Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya;
apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya.
Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, 
tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak-cucunya meminta-minta roti;
tiap hari ia menaruh belas kasihan dan memberi pinjaman, dan anak cucunya menjadi berkat."

Ayat Renungan : Mazmur 37 : 23-24
"Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya."

Saudaraku, Mazmur 37 adalah Mazmur Daud! Tentunya, ketika Daud berbicara tentang "orang yang hidupnya berkenan kepada Tuhan," ia berbicara tentang dirinya sendiri !

  1. Menurut Kisah Rasul 13 : 22B...  Tentang Daud Allah telah menyatakan: "Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku."
  2. Menurut I Samuel 16 : 7 ..."Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.", "hati Daud menyenangkan Tuhan" - itulah sebabnya, Tuhan memilih Daud untuk diurapi menjadi raja, menggantikan Saul!
  3. Menurut I Samuel 16 : 13B ..."..Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud.", Daud dikuasai Roh Kudus!
  4. Menurut Mazmur 62 : 2 ..."Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku.", Daud adalah orang yang mau selalu dekat dekat dengan Tuhan!
  5. Menurut II Samuel 23 : 1 ..."Inilah perkataan Daud yang terakhir: "Tutur kata Daud bin isai dan tutur kata orang yang diangkat tinggi, orang yang diurapi Allah Yakub, pemazmur yang disenangi di Israel", Daud adalah pemazmur yang diurapi, dan yang menyenangkan hati Tuhan, sampai ke Garis Akhirnya!
  6. Menurut II Samuel 23 : 2-5 ..."Roh TUHAN berbicara dengan perantaraanku, firman-Nya ada di lidahku; Allah Israel berfirman, gunung batu Israel berkata kepadaku: Apabila seorang memerintah manusia dengan adil, memerintah dengan takut akan Allah, ia bersinar seperti fajar di waktu pagi, pagi yang tidak berawan, yang sesudah hujan membuat berkilauan rumput muda di tanah. Bukankah seperti itu keluargaku di hadapan Allah? Sebab Ia menegakkan bagiku suatu perjanjian kekal, teratur dalam segala-galanya dan terjamin. Sebab segala keselamatanku dan segala kesukaanku bukankah Dia yang menumbuhkannya?" , Daud dipimpin Roh Kudus, hidup dalam takut akan Tuhan, serta melakukan Firman Tuhan dengan setia - Dan, segala langkahnya ditetapkan oleh Tuhan sendiri! Bahkan, Tuhan menyertai dia, menuntun dan menopang tangannya!
Dan, ketika dia jatuh, Tuhan segera menolong dia, dengan menuntun dia untuk bangkit kembali bagi kemuliaan-Nya! So, sehubungan dengan Tema minggu ini, kita harus belajar dari Daud, bagaimana hidup berkenan di hadapan Tuhan, dan bangkit kembali jika gagal!

0 komentar:

Posting Komentar