Pages

DI MANA ADA ROH ALLAH, DI SITU ADA KEMERDEKAAN

Bacaan Alkitab : I Yohanes 4 :1-6
"Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Demikianlah kita mengenal Roh Allah; setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia. Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan."

Ayat Renungan :  II Korintus 3 : 17B
"di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan."

Tanggal 17 Agustus, di seluruh pelosok Tanah Air, Bangsa Indonesia memperingati "Kemerdekaan dari penjajahan Belanda!" Hari ini, Firman Tuhan mengingatkan kita: "Di mana ada Roh Kudus, di situ ada kemerdekaan." Ingat ini:

  • Dalam Perjanjian Lama, Roh Kudus belum berdiam di dalam orang pilihan Tuhan! Ia hanya bekerja atas orang pilihan itu - menguasai, memimpin, mengurapi!
  • Dalam Perjanjian Baru, Roh Kudus berdiam di hati setiap anak Tuhan dan memimpin (Baca lagi: Roma 8 : 14-16, "Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!" Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah."). Maka, seharusnyalah, anak-anak Tuhan Perjanjian Baru, lebih mengalami kemerdekaan dibandingkan dengan orang-orang pilihan dalam Perjanjian Lama! Amin? 
Perhatikan:
  1. Sesuai Galatia 5 : 1"Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan", kita diperingatkan, bahwa: "Ketika kita bertobat dan terima Yesus, kita telah benar-benar merdeka (dari dosa, kutuk, hidup lama dan semua keterikatan). Itu semua telah dilakukan oleh Tuhan Yesus!
  2. Sesuai Roma 8 : 14-16, Sudah seharusnya kita dipimpin oleh Roh Kudus, dan hidup dalam Roh, bukan dalam daging (Baca juga: Roma 8 : 9A).
  3. Sesuai Roma 8 : 13, Kita harus sadar, bahwa keinginan daging sangat menggoda! Namun, kita harus mematikannya, oleh kuasa Roh Kudus! Amin? Inilah makna dari frasa "Di mana ada Roh Kudus, di situ ada kemerdekaan!" Baca juga: I Yohanes 4 : 4, dan nikmatilah kemerdekaan oleh Roh Kudus!

0 komentar:

Posting Komentar